STRATEGI PEMASARAN
PENGERTIAN
PEMASARAN
Marketing (Pemasaran) merupakan proses
tentang bagaimana memperkenalkan sebuah merek, produk maupun jasa sehinga dapat
di kenal dan memiliki nilai jual dengan tujuan memuaskan konsumen.
PENGERTIAN
STRATEGI
Strategi adalah suatu rencana yang
fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan .
Strategi
·
Satu kesatuan rencana
yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan.
·
Strategi merupakan
pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan
dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
·
Perencanaan dasar suatu
aksi yang di pilih untuk mencapai suatu tujuan.
Taktik
- Memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat jika di bandingkan dengan strategi.
- Teknik yang di pakai untuk melaksanakan strategi.
- Pada umumnya orang sering kalimencapur adukan kedua kata tersebut.
Jenis
strategi
1. Strategi
stabil merrrupakan tindakan organisasi dengan cara mempertahankan strategi yang
telah ada karena di anggap sudah baik dan tidak perlua ada perubahan.
2. Strategi
pertumbuhan
§ Internal
pengembangan produk (jasa)
§ Eksternal
(Integrasi vertikal,
merger)
§ Ekspansi
(Pengembangan pasar dan divesifikasi).
3. Strategi
Penciutan
Mengurangi
kegiatan & meningkatkan efisiensi (pengurangan biaya likuidasi, penjualan
saham).
4. Strategi
Kombinasi
Merupakan
penggabungan dari ketiaga strategi diatas
Pengertian
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran merupakan serangkaian
tindakan terpadu menuju kompetitif yang berkelanjutan .
Sedangkan strategy dan kiat pemasaran
dari sudut pandangan penjual (4P) adalah Place, Product, Price, dan Promotion
sebagai berikut :
·
Tempat yang strategis
(Place)
·
Produk yang bermutu
(Product)
·
Harga yang yang
kompetitif (Price) dan
·
Promosi yang gencar
(Promotion)
Perencanaan strategi merupakan proses
pembuatan dan pemeliharaan suatu strategi yang menyesuaikan antara tujuan
organisasi, kemampuan dan kesempatan pemasaran yang berubah.
0 comments:
Post a Comment